8 Lokasi Berburu Oleh-oleh di Jogja

Di Jogja tidak hanya beragam spot wisata dan kuliner yang bisa kalian temukan. Di Jogja juga banyak spot untuk berburu buah tangan. Jika teman-teman sedang berlibur di Jogja dan ingin berburu 0leh-oleh untuk dibawa pulang ke tempat tinggal masing-masing maka kalian harus menyimak informasi 8 lokasi berburu oleh-oleh di Jogja yang akan kami bahas. Yuk langsung simak aja!

 

1. Berburu Gerabah di Kasongan

 Sumber foto: Bangunjiwo-bantul.desa.id

 

Kasongan terkenal dengan kerajinan gerabahnya, dan hampir semua produk gerabah di Jogja berasal dari Kasongan. Di Kasongan kalian bisa menemukan guci dengan berbagai motif, pot berbagai ukuran, hingga perabotan seperti meja dan kursi bisa kalian temukan disini.

 

2. Berburu Barang Antik di Pasar Klithikan

 Sumber foto: inovasee.com

 

Pasar Klithikan adalah surganya pencinta barang antic dan unik. Tidak sedikit barang disini yang merupakan barang bekas, tapi meskipun barang bekas kualitasnya tetap masih bagus, hanya saja kalian harus teliti memeriksanya sebelum membeli. Dan jika kalian beruntung kalian bisa menemukan barang antic yang kualitasnya bagus dengan harga yang relative miring.

 

3. Berburu Kerajinan Kulit di Desa Manding

 Sumber foto: Visitingjogja.com

 

Di Desa Manding yang berada di Bantul teman-teman bisa menemukan berbagai kerajinan kulit. Mulai dari tas, sepatu, hingga jaket kulit tersedia disini. Dan menariknya lagi teman-teman bisa menentukan desainnya sendiri jika teman-teman mempunyai ide. Dan jangan khawatir, harga kerajinan kulit disini relative murah.

 

4. Berburu Batik Kayu di Desa Wisata Krebet

 Sumber foto: Hotelthecube.com

 

Batik kain mungkin sudah mainstream. Tapi di Desa Krebet kalian bisa menemukan batik kayu. Batik dengan media kayu memiliki nilai tersendiri bagi penikmatnya. Pembuatannya pun tak bisa dibandingkan dengan media kain, karena dibutuhkan ketelitian dan kreativitas yang khusus. Tak salah jika kemudian hasil dari produksi ini memiliki nilai seni yang tinggi. Tertarik membeli?

 

5. Berburu Barang Seni di Pasar Gabusan

 Sumber foto: Travelbos.id

 

Jika teman-teman ingin mencari barang yang bernilai seni, maka Pasar Gabusan adalah jawabanya. Berbagai barang seni bisa kalian temukan disini, mulai dari kerajinan, hiasan, bahkan perabotan rumah tangga bisa teman-teman temukan disini.

 

6. Berburu Souvenir di Dagadu

 Sumber foto: Makankeliling.com

 

Jika di Pulau Bali ada Joger, Jogja Punya Dagadu. Sejauh ini, ada tiga outlet yang bisa kalian sambangi, di daerah Gedong Kuning, Gondomanan dan di Mall Malioboro. Di tiga tempat ini, kalian bisa mendapatkan produk asli khas Dagadu, mulai dari gantungan kunci, mug, sandal, t-shirt dan banyak lainnya.

 

7. Berburu Bakpia

 Sumber foto: Jogjavacanza.com

 

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Jogja, banyak toko yang menjual bakpia tersebar di Kota Jogja, tapi jika teman-teman ingin melihat proses pembuatan bakpia, teman-teman bisa mampir ke bapkia 25. Selain bisa membeli bakpia, disini kalian bisa juga melihat proses pembuatan bakpia.

 

8. Berburu Kain Batik di Pasar Beringharjo

 Sumber foto: Infobatik.id

 

Kain batik mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di Pasar Beringharjo kalian bisa menemukan berbagai hal yang berhubungan dengan batik, mulai dari kain, pakaian, kayu, bahkan ada juga gelang dengan motif batik. Dan enaknya lagi disini kalian bisa menawar harganya. Bila teman-teman ada yang jago dalam hal tawar menawar boleh deh menguji ilmu tawar menawar kalian di Pasar beringharjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *