March 29, 2024

Jogja Handicraft | Direktori & Review Oleh-Oleh dan Kuliner Khas Yogyakarta & Jawa Tengah

Jogja Handicraft | Direktori & Review Oleh-Oleh dan Kuliner Khas Yogyakarta & Jawa Tengah

6 Tempat Terbaik Untuk Menyambut Sunrise di Jogja

Matahari terbit atau sunrise memang bisa dinikmati dari semua penjuru dunia, namun jika kamu kebetulan berada di Yogyakarta, ada 6 tempat terbaik untuk menyambut sunrise di Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan. Penasaran kan? Yuk langsung simak aja!

 

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Sumber foto: blog.reservasi.com

 

Tak hanya pantai saja, di kawasan gunung kidul juga terkenal banyak spot cantic untuk menikmati sunrise. Salah satunya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung yang mempunyai bentuk unik seperti bongkahan batu raksasa menyediakan spot sunrise yang bisa memanjakan mata teman-teman pemburu sunrise.

 

2. Candi prambanan

 Sumber foto: blog.pergi.com

 

Candi Prambanan yang juga jadi tempat asyik mengejar sunrise. Candi yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO ini terletak 20 km di timur kota Yogyakarta. Di kawasan Candi Prambanan terdiri dari banyak candi yang semuanya bisa jadi spot keren untuk berburu sunrise, namun tiga candi utama Prambanan yaitu Candi Wisnu, Brahma dan Siwa-lah yang paling populer. Di hari biasa candi ini tidak buka di pagi hari. Jadi untuk menikmati sunrise di Prambanan kamu harus datang hanya di hari Minggu.

Baca Juga :  4 Tips Mencari Penginapan Murah di Yogyakarta

 

 

3. puncak punthuk setumbu

 Sumberfoto: jejakpiknik.com

 

Punthuk Setumbu adalah bukit setinggi 400 m yang letaknya tak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Kawasan ini sering disebut dengan nama Nirwana Sunrise karena pemandangan dari puncak bukit ini begitu cantik. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat Candi Borobudur, Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sekaligus!

Kebayang kan bagaimana cantiknya pemandangan sunrise dari atas sini? Untuk bisa sampai ke puncak bukit ini, kamu harus mendaki tangga hingga gardu pandang sunrise yang ada di bukit ini.

Baca Juga :  Gudeg Paling Populer Di Jogja

 

 

4. Taman nasional gunung merapi

 Sumber foto: hipwee.com

 

Gunung Merapi memang cukup galak. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Bahkan, jalur pendakian menuju puncaknya seringkali ditutup karena bahaya wedhus gembel, sehingga kamu harus puas hanya sampai di Pasar Bubrah. Tapi, keindahannya jangan ditanya, bikin malas turun! Puncak gunung memang gak pernah bikin kecewa dalam menyajikan panorama yang luar biasa.

 

 

5. pantai sundak

 Sumber foto: dolandolen.com

 

Pantai sundak merupakan salah satu pantai dari sekian banyaknya pantai di Gunung Kidul. Di pantai ini terdapat 2 buah batu raksasa yang seolah sedang mengapit Pantai Sundak. Tak hanya itu, Pantai Sundak juga menyimpan panorama matahari terbit yang patut untuk disaksikan keindahnnya. Jadi buat kalian yang ingin mengabadikan moment sunrise tapi males buat naik gunung, dateng ke Pantai Sundak merupakan pilihan yang tepat. Tenang aja kecantikan matahari terbitnya gak kalah indah kok sama yang dari atas puncak gunung.

Baca Juga :  6 Wisata Malam Jogja yang Bikin Liburanmu Berbintang-bintang

 

6. kebun buah mangunan

 Sumber foto: piknikasik.com

 

Kebun Buah Mangunan merupakan lokasi agrowisata yang berada di daerah Dlingo, Bantul atau sekitar satu jam berkendara dari Yogyakarta.

Lokasi wisata yang populer di kalangan anak muda ini menawarkan pemandangan sunrise yang begitu memikat. Selesai melihat sunrise kamu bisa langsung mengunjungi banyak tempat keren di sekitar Dlingo yang dikenal memiliki banyak spot terbaik yang instagramable

About Author