Opsi Transportasi Yang Ada di Bandara Adisutjipto

 

Bandara Adisutjipto merupakan bandara dengan moda transportasi yang paling lengkap di Indonesia, mulai dari bus Trans Jogja hingga kereta api, semuanya ada. Nah buat teman-teman yang mau berkunjung ke Jogja melalui jalur udara dan mendarat di Bandara Adisutjipto dan bingung transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk pergi dari bandara, yuk langsung simak saja Opsi Transportasi Yang Ada di Bandara Adisutjipto.

 

1. Bus Trans Jogja

Sumber foto: wonderfulisland.id

 

Trans Jogja merupakan bus kota yang bagus, ber-AC, dan nyaman. Bus Trans Jogja juga menjadi moda transportasi yang paling murah dari / ke Bandar Udara Internasional Adisutjipto. Dengan bus ini kita bisa ke Malioboro, Kotagede, Terminal Giwangan, dll. Shelter Trans Jogja ini terletak di area parkir utara bandara. Setelah keluar dari area kedatangan, jalan terus ke loket informasi lalu belok kiri masuk underpass di depan loket informasi menuju area parkir utara.

 

Rute Trans Jogja dari Bandara Adisutjipto:

1A: Bandara Adisutjipto – Terminal Prambanan – Plaza Ambarrukmo – Empire XXI – Tugu – Stasiun Tugu – Malioboro – Taman Pintar Yogyakarta – Halte Pakualaman – Jogja Expo Center (JEC) – Bandara Adisutjipto

1B: Bandara Adisutjipto – Jogja Expo Center (JEC) – Bonbin Gembira Loka – Taman Pintar Yogyakarta – Tugu – UGM – Plaza Ambarrukmo – Bandara Adisutjipto

3A: Bandara Adisutjipto – Terminal Condongcatur – UGM – House Of Raminten – Stasiun Tugu – Malioboro – Terminal Giwangan – Kotagede – Jogja Expo Center (JEC) – Bandara Adisutjipto

3B: Bandara Adisutjipto – Kotagede – Terminal Giwangan – Tugu – Terminal Condongcatur – Bandara Adisutjipto

 

2. Transportasi Online

Sumber foto: Go-jek.com

 

Transportasi online memang merupakan salah satu transportasi yang paling mudah ditemukan, tetapi tidak demikian jika di bandara, karena Bandara Adisutjipto merupakan zona merah tempat driver transportasi online dilarang mengambil penumpang. Bila barang bawaan tidak terlalu berat, Anda bisa berjalan kaki 15 menit (sekitar 1,2 km) ke barat Kantor Imigrasi Tingkat I Yogyakarta lalu memesan ojek online dari sana. Atau naik bus Trans Jogja rute 1A, 1B, atau 3B dari Halte Bandara Adisutjipto lalu turun di halte terdekat (Halte Jl. Solo (Jayakarta)) dan memesan ojek online lewat aplikasi.

 

3. Taksi Plat Kuning

Sumber foto: news.detik.com

 

Bandar Udara Internasional Adisutjipto memiliki taksi resmi, tetapi taksinya tidak menggunakan argo. Datangi konter taksi Rajawali di depan pintu keluar area kedatangan (sebelah kanan, dekat gerai Roti O), lalu sebutkan lokasi tujuan. Setelah itu petugas akan menyebutkan harga yang harus kita bayar dan memberikan struk. Kemudian kita akan diarahkan ke tempat penjemputan penumpang taksi Rajawali di depannya.

 

4. Taksi Plat Hitam

Di dalam area kedatangan Bandara Adisutjipto ada konter taksi plat hitam. Selain itu, di area parkir utara juga terdapat beberapa konter taksi plat hitam lainnya. Kendaraan yang digunakan bukanlah sedan plat kuning, tetapi mobil pribadi. Kapasitas penumpangnya juga lebih besar daripada taksi plat kuning, 4-6 orang. Walaupun mereka sudah memiliki daftar tarif sendiri, harganya berdasarkan kesepakatan saja. Jadi, pandai-pandailah menawar.

 

5. Rental Mobil

Banyak wisatawan yang sudah memesan mobil rental sebelum berangkat ke Jogja. Begitu mendarat, mobil sudah siap di bandara dan wisatawan bisa langsung berwisata. Hemat waktu dan biaya. Bila ingin menyetir sendiri, sewa mobil lepas kunci dengan tarif mulai Rp300.000,- / 24 jam.

 

6. Kereta Api Prameks (Prambanan Ekspres)

Sumber foto: merdeka.com

 

Stasiun Maguwo merupakan satu-satunya stasiun KAI yang berada di area bandara. Kereta api Prameks merupakan moda transportasi yang dapat digunakan dari Stasiun Maguwo menuju pusat kota Yogyakarta, Surakarta, maupun Kutoarjo. Kereta api Prameks memiliki gerbong ber-AC.

 

Rute dan tarif Kereta Api Prameks dari Bandara Adisutjipto:

Maguwo – Solo, tarif Rp8.000,-

Keberangkatan dari Stasiun Maguwo pukul 05.47, 07.29, 09.22, 10.17, 11.02, 12.46, 14.59, 16.22, 17.21, 20.20 WIB

Maguwo – Yogyakarta, tarif Rp8.000,-

Keberangkatan dari Stasiun Maguwo pukul 06.08, 08.22, 10.08, 11.38, 13.16, 14.06, 14.58, 17.08, 19.02, 19.38 WIB

Maguwo – Kutoarjo, tarif Rp15.000,-

Keberangkatan dari Stasiun Maguwo pukul 06.08, 13.16, 17.08 WIB

 

Tiket dapat dibeli di Stasiun Maguwo yang terletak dekat area parkir utara bandara. Setelah keluar dari area kedatangan, jalan lurus hingga loket informasi lalu belok kiri masuk underpass di depan loket informasi menuju area parkir utara.

Tiket dapat dibeli 3 jam sebelum keberangkatan atau dapat dipesan maksimal 7 hari sebelum keberangkatan dengan mendatangi loket reservasi tiket di stasiun yang disebutkan di atas.

 

Sumber artikel: Yogyes.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *