Jogja Handicraft | Direktori & Review Oleh-Oleh dan Kuliner Khas Yogyakarta & Jawa Tengah

Jogja Handicraft | Direktori & Review Oleh-Oleh dan Kuliner Khas Yogyakarta & Jawa Tengah

Opsi Transportasi Yang Ada di Stasiun Lempuyangan

 

Stasiun Lempuyangan adalah stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Tugu. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api pertama dan tertua di Yogyakarta. Jika teman-teman berencana berlibur ke Jogja menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Lempuyangan, maka artikel ini harus anda simak supaya anda tidak kebingungan menentukan transportasi dari Stasiun Lempuyangan ke tempat tujuan anda. Yuk langsung simak aja opsi transportasi Yang Ada di stasiun Lempuyangan.

 

1. Becak

Sumber foto: Jogjaupdate.com

 

Becak adalah kendaraan umum roda tiga yang mudah di jumpai di Jogja. Becak digerakan dengan cara dikayuh, namun ada juga yang digerakan menggunakan mesin dan dikenal dengan sebutan becak motor. Becak merupakan kendaraan yang tepat untuk berpergian jarak dekat, seperti dari Stasiun Lempuyangan menuju ke Malioboro. Tarif becak biasanya ditentukan oleh kesepakan antara pengemudi dan penumpang. Jadi teman-teman harus pandai menawar.

Baca Juga :  39 Daftar Rental Mobil di Jogja, Lengkap dengan Alamat dan Nomor Telepon

 

2. Ojek Konvensional

Sumber foto: Wargajogja.net

 

Ojek bisa menjadi pilihan apabila teman-teman berpergian sendiri. Pengemudi ojek di sekitar Stasiun Lempuyangan biasanya menggunakan rompi berwarna biru. Sama seperti becak, tarif berkendara menggunakan ojek konvensional berdasarkan kesepakatan saja.

 

3. Ojek Online

Sumber foto: go-jek.com

 

Ojek online adalah moda transportasi yang tidak formal, tetapi dibutuhkan oleh banyak orang. Ojek online di Stasiun Lempuyangan tidak bisa menjemput di area stasiun. Calon penumpang ojek online harus berjalan hingga batas luar zona merah di mana biasanya sudah banyak driver ojek online yang menunggu di sana. Zona merah sendiri adalah tempat driver ojek online dilarang mengambil penumpang.

 

4. Taksi Plat Hitam

 

Taksi plat hitam bukan merupakan taksi resmi, melainkan hanya mobil pribadi yang dijadikan angkutan. Di Stasiun Lempuyangan terdapat taksi plat hitam yang tergabung dalam Paguyuban Taksi Kereta Api (Pataska) Transport. Tidak ada konter pembayaran taksi ini di dalam Stasiun Lempuyangan. Penumpang dapat langsung mendatangi supir taksi atau mobilnya di luar stasiun. Taksi ini tidak menggunakan argometer, supir telah memiliki daftar biaya menurut lokasi tujuan. Mobil yang biasa digunakan untuk taksi ini antara lain Avanza, Grand Max, dan APV.

Baca Juga :  Opsi Transportasi Yang Bisa Ditemukan di Stasiun Tugu Yogyakarta

 

5. Taksi Indra Kelana

Sumber foto: zonakomunikasi.blogspot.com

 

Di Stasiun Lempuyangan terdapat taksi resmi yang memiliki plat warna kuning, yaitu Taksi Indra Kelana. Penghitungan tarif pada kendaraan ini sesuai dengan jarak tempuh dan waktu perjalanan menggunakan argometer. Taksi Indra Kelana dapat menjadi pilihan transportasi dari stasiun bila kita memiliki rombongan hingga 4 orang. Mobil yang digunakan pada layanan taksi ini adalah Sedan atau Avanza berwarna putih.

 

6. Bus Trans Jogja

Sumber foto: wonderfulisland.id

 

Bus Trans Jogja menjadi angin segar bagi pelancong di Kota Jogja. Busnya yang bagus, ber-AC, nyaman, dan murah membuatnya menjadi alat transportasi idola. Dengan bus ini, wisatawan bisa ke Malioboro, Taman Pintar Yogyakarta, Kotagede, dan lain-lain. Ada 2 halte (shelter) di dekat Stasiun Lempuyangan, yakni di Halte Hayam Wuruk dan Portable Halte Lempuyangan.

Baca Juga :  Opsi Transportasi Yang Ada di Bandara Adisutjipto

Halte Hayam Wuruk melayani Bus Trans Jogja trayek 4B

4B : Jalan Hayam Wuruk (Selatan Stasiun Lempuyangan) – AA YKPN – Pasar Seni Kerajinan Yogyakarta – Terminal Giwangan – XT Square – UIN – XXI – Bundaran Lembah UGM – RS Bethesda – Gramedia – Kridosono – Jalan Hayam Wuruk (Selatan Stasiun Lempuyangan)

Portable Lempuyangan melayani Bus Trans Jogja trayek 10

10 : Stasiun Lempuyangan – Kerajinan Perak Kotagede – Terminal Giwangan – Among Rogo – RS PKU – Parkiran Gamping – Taman Pintar Yogyakarta – Kridosono – Stasiun Lempuyangan

Ke Malioboro

Naik trayek 4B di Halte Hayam Wuruk turun di Terminal Giwangan, ganti trayek 3A turun di Halte Jalan Malioboro.

 

 

Sumber artikel: Yogyes.com