Mengintip Proses Pembuatan Bakpia Oleh-oleh Khas Jogja

Siapa sih yang tidak tau Bakpia Pathok, salah satu makanan khas jogja yang menjadi buruan untuk buah tangan. Mungkin teman-teman hanya mengetahui rasa dan bentuk dari bakpia saja, tapi bagaimana dengan proses pembuatannya? Buat teman-teman yang penasaran, yuk kita simak Mengintip Proses Pembuatan Bakpia Oleh-oleh Khas Jogja!

 

Proses pembuatan bakpia dibagi menjadi 8 langkah utama, yaitu:

1. Yang pertama adalah menjemur kacang hijau yang bertujuan untuk menghilangkan kutu dan melakukan seleksi kacang. Serta melakukan pemisahan antara kacang hijau dengan kulitnya.

2. Setelah kacang hijau terbebas dari kulitnya langkah selanjutnya adalah memecah kacang hijau tersebut menjadi 2 bagian lalu dilakukan pencucian hingga bersih

Sumber foto: Bakpia25.com

 

3. Setelah kacang hijau dicuci hingga bersih selanjutnya dilakukan pengkukusan.

Sumber foto: Bakpia25.com

 

4. Setelah kacang hijau matang, langkah selanjutnya adalah kacang hijau tersebut digiling sampai lembut. Kemudian dilanjutkan dengan mencampur kacang hijau yang telah digiling tersebut dengan gula pasir.

Sumber foto: Bakpia25.com

 

5. Proses selanjutnya adalah pembuatan kulit dengan bahan yang digunakan adalah tepung terigu, gula pasir, air, dan minyak goreng.

Sumber foto: Bakpia25.com

 

6. Kemudian dilanjutkan dengan proses melapisi kumbu yang telah jadi dengan kulit yang sudah kalis.

Sumber foto: Bakpia25.com

 

7. Setelah itu dilakukan proses pemanggangan hingga matang.

Sumber foto: Bakpia25.com

 

8. Proses terakhir adalah proses pengemasan. Bakpia yang sudah matang di dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukan ke kadal box.

Sumber foto: Bakpia25.com

 

 

Sumber Artikel: Bakpia25.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *