Jogja Handicraft | Direktori & Review Oleh-Oleh dan Kuliner Khas Yogyakarta & Jawa Tengah

Jogja Handicraft | Direktori & Review Oleh-Oleh dan Kuliner Khas Yogyakarta & Jawa Tengah

Museum Benteng Vredeburg, Wisata Sejarah Yang Selalu Ramai

?????????????

 

Jogjakarta tidak hanya dikenal sebagai kota yang memiliki budaya yang kental di seluruh sudutnya, namun juga memiliki berbagai titik titk saksi sejarah kemerdekaan Indonesia yang kental dengan arsitektur Eropa. Salah satunya adalah Museum Benteng Vredeburg, Wisata serah yang selalu ramai.

 

Sumber foto: Wikipedia.id

 

Museum Benteng Vredeburg ini terletak di tengah kota. Oleh karena itulah lokasi wisata ini sering direkomendasikan untuk dikunjungi karena dekat dengan beberapa lokasi wisata lainnya seperti Gedung Agung dan Kraton Kesultananan Yogyakarta. Museum ini juga tidak jauh dari Jalan Malioboro yang mana bisa dikunnjungi dengan menggunakan becak.

 

Selain karena berada dekat dengan beberapa lokasi atau objek wisata lainnya di Jogja, Museum Benteng Vredeburg ini juga merupakan bangunan dengan nilai sejarah yang tak ternilai harganya selama era perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia hingga perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari serangan asing.

Baca Juga :  5 Spot Foto yang Instagramable di Jogja Dengan Nuansa Alam

 

Sumber foto: vredeburg.id

 

Museum Benteng Vredeburg ini sebelumnya merupakan sebuah benteng yang mana menjadi pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda di era Kolonialisme. Benteng ini dikelilingi parit parit yang menjaganya dari luar serta di keempat sudut bentengnya terdapat sebuah menara jaga yang disebut dengan Bastion.

 

Pembangunan Benteng Vredeburg yang kini berubah menjadi Museum Benteng Vredeburg diprakarsai dan dirancang oleh insinyut Belanda bernama Frans Haak pada tahun 1755 yang mana berhubungan erat dengan Perjanjian Giyanti yang memecahkan Kesultanan menjadi dua yakni Susuhan pakubuwono III dengan Pangeran Mangkubumi.

Baca Juga :  3 Tempat Wisata Anak di Jogja Yang Mengedukasi

 

Benteng vredeburg tersebut dibangun atas dasar keinginan Belanda untuk selalu ikut campur dalam pemerintahan atau dalam perpolitikan raja. Tak heran bila letaknya sangat dekat dengan istana Kasultanan Yogyakarta. Pembangunan benteng tersebut juga dikarenakan karena kemajuan serta pertumbuhan Kraton Jogjakarta setelah berpisah atas dasar Perjanjian Giyanti.

 

Karena pesatnya pertumbuhan kerajaan baru tersebut, ada akhirnya pihak Belanda mengusulkan untuk dibangun sebuah benteng di dekat kraton dengan dalih agar selalu dapat melindungi kraton dari serangan musuh yang mungkin akan menyerang kraton terlebih karena menurut perjanjian Giyanti kedua kerajaan berpisah dan menjadi kerajaan yang lebih kecil.

Baca Juga :  Tempat Wisata Jogja Yang Ada di Sekitar Malioboro

 

Sumber foto: alodiatour.com

 

Meskipun Museum Benteng Vredeburg menjadi salah satu peninggalan atau warisan kebudayaan yang wajib untuk dipelihara, namun tidak berarti museum ini sepi akan pengunjung yang masuk. Malahan tidak sedikit event atau acara di Kota Jogjakarta diadakan dan berada di dalam benteng jaman Belanda ini.

 

Event-event kesenian seperti konser musik, pameran seni dan sebagainya sering dijadwalkan di bangunan dengan arsitektur Eropa yang kental ini. Namun, untuk anda yang hanya ingin berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg hanya untuk berfoto atau melihat-lihat keindahan bangunannya, anda bisa datang saat jam kunjungan bukanya.

 

Sumber: www.berdesa.com