Asyiknya Wisata Naik Trans Jogja, Murah dan Nyaman

 

Wisata jogja memang kerap jadi salah satu tujuan favorit di Indonesia. Namun kadang tak sedikit pelancong bingung soal cara mengelilingi Kota Gudeg hanya dalam waktu singkat. Tanpa perlu keluar banyak uang, kalian sudah bisa berkeliling menikmati indahnya suasana Kota Gudeg. Penasaran? Yuk, simak asyiknya wisata naik trans jogja, murah dan nyaman ini.

 

Transportasi Umum Andalan Sejak 2008

Sumber foto: travelingyuk.com

 

Trans Jogja adalah salah satu moda transportasi umum di Jogja. Mirip seperti Busway di Jakarta. Diresmikan pada tahun 2008, kendaraan umum ini biasanya melayani penumpang mulai jam 05.00 hingga 22.00.

Trans Jogja melintas di hampir seluruh jalan-jalan utama, beserta daerah aglomerasi seperti Bantul dan Sleman. Namun, sebelum mencoba wisata naik trans Jogja, Teman Traveler harus memperhatikan rute, halte, dan harga tiketnya.

 

Rute yang Dilalui Trans Jogja

Sumber foto: travelingyuk.com

 

Rute Trans Jogja terbagi beberapa jenis. Rute utama terdiri dari rute 1A dan 1B. Jalur 1A akan membawa Teman Traveler melewati Prambanan, Bandara Adisucipto, Ambarukmo Plaza, dan Malioboro. Sementara Rute 1B kurang lebih merupakan kebalikan dari rute 1A, namun alih-alih Prambanan bus justru akan melewati kawasan Kampus UGM/UNY hingga Terminal Condong Catur.

Kedua rute ini memiliki palinig banyak peminat. Terutama wisatawan asing yang hendak menuju kawasan Malioboro.

Rute selanjutnya adalah rute yang menghubungan tiga terminal di Jogja, yakni Giwangan, Condong Catur, dan Jombor. Rute-rute tersebut antara lain 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, dan 5B. Beberapa rute tersebut ada juga yang melewati daerah Malioboro.

Sedangkan rute terakhir adalah rute feeder (pengumpan) yang beberapa di antaranya masih baru. Banyak yang mengitari ring road dan beberapa daerah pinggiran. Rute-rute tersebut antara lain 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, dan 11. Rute dengan kode A akan berlawanan arah dengan rute dengan kode B.

 

Halte dan Portable

Sumber foto: travelingyuk.com

 

Sebelum wisata naik trans Jogja, calon penumpang harus berada di halte atau portable. Halte adalah tempat pemberhentian bus yang dilengkapi petugas tiket. Biasanya berlokasi di rute-rute yang saling bersilangan atau tempat melakukan transit. Sementara portable adalah sebutan untuk tempat pemberhentian tanpa petugas.

Portable biasanya hadir dalam bentuk undakan kecil tempat penumpang menunggu bus. Penumpang cukup memberi sinyal lambaian tangan saat Trans Jogja melintas.

Pembayaran dilakukan di dalam bus dengan cara menempelkan kartu elektronik di alat khusus atau membayar tunai pada kondektur bus. Portable biasanya ada di rute bus searah dan tidak bersinggungan, sehingga tak ada aktivitas transit.

 

Harga Tiket Sangat Terjangkau

Sumber foto: travelingyuk.com

 

Trans Jogja sangat membantu wisatawan dalam menghemat biaya perjalanan. Tarif sekali naik tanpa kartu langganan adalah Rp3.500. Namun jika Teman Traveler mengantongi kartu khusus pelanggan, tarifnya menjadi Rp2.700 saja. Selama tidak meninggalkan halte, penumpang tak perlu membayar lagi.

Pengelola Trans Jogja terus mencanangkan upaya mengurangi pembayaran secara tunai. Mereka memasang banyak pengumuman tentang pembuatan kartu langganan di berbagai sudut kota.

Sekedar informasi, kartu langganan bisa dibuat dan diisi ulang di beberapa halte, antara lain Terminal Giwangan, RS Bethesda, Terminal Jombor, Samsat, Taman Pintar, Ambarukmo Plaza (Amplaz), dan Bandara Adi Sucipto.

Nominal pengisian yang diperbolehkan adalah Rp25.000, Rp50.000, dan Rp100.000. Jika pertama kali mendaftar kartu isi ulang, penumpang harus mengisi minimal Rp25.000. Biasanya juga ada diskon khusus bagi pemegang kartu debit/kredit bank tertentu. Penumpang hanya perlu membayar tiket sebesar Rp1.800.

 

Tempat Wisata yang Bisa Dijangkau dengan Trans Jogja

Sumber foto: travelingyuk.com

 

Ada beberapa tempat wisata yang lokasinya berada tak jauh dari halte Trans Jogja. Bahkan ada destinasi yang posisinya tepat di depan halte. Berikut adalah beberapa lokasi wisata yang bisa Teman Traveler jangkau saat wisata naik trans Jogja.

Candi Prambanan : Menggunakan Rute 1A turun di Halte Prambanan. Jalan terlebih dahulu atau menggunakan ojek menuju pintu masuk.

Malioboro : Menggunakan rute 1A, 1B ( Turun di Taman Pintar), 2A dan 3A. Rute 1A dan 1B bisa dimulai dari Bandara Adisucipto sedangkan rute 2A dan 3A bisa dimulai dari Terminal Condong Catur.

Alun-alun Kidul, Plengkung Gading, Pojok Benteng : Menggunakan Rute 2A, 2B, 3A, dan 3B. Turun di Halte Gading atau di Halte Jokteng.

Kawasan Wisata Perak Kotagede : Menggunakan Rute 3A, 3B, dan 10. Turun di sekitar kerajinan perak.

Wisata Kuliner West Lake : Menggunakan Rute 8, melewati ring road timur, dimulai dari terminal bus Ngabean.

Keraton Jogja / Alun-alun Utara : Menggunakan rute 1B. Turun di Halte Taman Pintar/Kantor Pos

Panggung Krapyak : Menggunakan Rute 9 dari Terminal Giwangan turun di Pasar Hewan Pasty. Perjalanan dilanjut menggunakan ojek, becak, atau jalan kaki.

Museum Affandi : Menggunakan Rute 1B dari Terminal Condong Catur, turun di halte SMAK Kolose De Britto. Letak museum tepat di sebelah sekolah tersebut.

Monumen Jogja Kembali (Monjali) : Menggunakan rute 2A, 2B, 5A, dan 5B. Halte  Trans Jogja Monjali tepat berada di sebelah pintu masukMonjali.

Kebun Binatang Gembira Loka: Menggunakan rute 1B turun di Halte Gembira Loka.

 

Tips Menaiki Trans Jogja

Jika ingin menggunakan angkutan ini, langkah pertama adalah bersabar. Pasalnya, interval kedatangan bus bisa berkisar antara 15 hingga 30 menit. Jangan lupa cermati peta dan rute jalur Trans Jogja di setiap halte.

Bertanyalah petugas jika Teman Traveler naik dari portable. Pastikan bahwa halte/portableyang akan dituju sudah benar. Ketika harus transit, jangan malu untuk bertanya kembali pada petugas soal rute dan halte yang dituju.

Teman Traveler juga bisa memanfaatkan Moovit. Aplikasi berbasis GPS ini memuat informasi 16 trayek Trans Jogja. Pengguna juga akan mendapatkan saran terkait posisi halte terdekat, rute yang dilalui, serta waktu perkiraan tibanya bus. Aplikasi ini tersedia untuk Android maupun iOS.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara wisata naik Trans Jogja. Tak hanya praktis, Teman Traveler juga bisa menghemat pengeluaran liburan untuk biaya perjalanan. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik mencoba?

 

Sumber: travelingyuk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *